Powered by Blogger.

Friday, July 20, 2018

Tag:

Bupati Dapawole Buka Pelatihan Fasilitasi Pengisian dan Pengolahan Profil Desa/Kelurahan


Waikabubak,20 Juli 2018. HumasPro Sumba Barat.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan.

Stefen L.Naha staf pada Dinas PMD dalam laporan panitia mengatakan Pembangunan Desa Terpadu merupakan upaya pengembangan kemampuan dan kemandirian masyarakat dengan mendayagunakan potensi sumber daya yang tersedia agar masyarakat dapat mempertahankan dan meningkatkan taraf hidup.

Lanjut Stefen, kegiatan Pelatihan Fasilitasi Pengisian dan Pengolahan Profil Desa/Kelurahan bertujuan untuk para peserta/tenaga Administrasi Desa mampu memahami Revolusi Mental dan Tata Kelola Perencanaan Pembangunan Desa serta memahami konsep Perencanaan Pembangunan Desa dan harus trampil menyusun Dokumen profil Desa/Kelurahan, sebagai data dasar pengumpulan, pengolahan dan publikasi data masyarakat berdasarkan panduan data keluarga, katanya.

Kegiatan Pelatihan Fasilitasi Pengisian dan Pengolahan Profil Desa/Kelurahan dibuka dengan resmi Bupati Sumba Barat Drs.Agustinus Niga Dapawole bertempat di Aula Hotel Pelita-Waikabubak, Jumat 20 Juli 2018.

Bupati Dapawole dalam sambutan menyampaikan apresiasi positif kepada Dinas PMD yang telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Fasilitasi Pengisian dan Pengolahan Profil Desa/Kelurahan.
Aparatur Pemerintah Desa/Kelurahan dituntut untuk selalu berupaya meningkatkan kompetensi, pengetahuan serta wawasan guna mengantisipasi dan mengakomodir aspirasi masyarakat, kata Dapawole

Menurut Bupati Dapawole, penyediaan informasi dan data yang valid serta komprehensip sesuai fakta sebagai rujukan perencanaan pembangunan pelayanan kepada masyarakat di desa dan kelurahan sesuai era perkembangan ilmu teknologi.

Aplikasi profil desa/kelurahan dapat mendorong peningkatan kemampuan dalam mengelola pelayanan, pengetahuan teknis administrasi dan kemampuan aparatur desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, ungkap Dapawole

Masih Lanjut Dapawole,pelaksanaan kegiatan ini,guna mempercepat implementasi penyusunan profil Desa dan Kelurahan berbasis Informasi Teknologi (IT) yang relavan sebagai dasar perencanaan pembangunan yang berorientasi pada potensi sumber daya dan merupakan bentuk pengabdian dalam membangun daerah ini,tamba Dapawole.
Hadir dalam kegiatan Pelatihan Fasilitasi Pengisian dan Pengolahan Profil Desa/Kelurahan tersebut, Bupati Sumba Barat,Kadis PMD Sumba Barat Y. Jefri Dapamerang,SP, MM dan Staf, Para Peserta Tenaga Administrasi Desa se Kabupaten Sumba Barat dan Para Nara Sumber.

0 comments:

Post a Comment