Powered by Blogger.

Wednesday, July 4, 2018

Tag:

Kabupaten Lombok Utara Studi Tugas Paud Holistik Integratif (HI) ke Kabupaten Sumba Barat


 Loli 4 Juli 2018, Humaspro Sumba Barat.
Tim  Studi Tugas PAUD HI Kabupaten Lombok Utara NTB berkunjung ke Kabupaten Sumba Barat dalam rangka studi satuan tugas tentang implementasi PAUD HI TAMAN PaWODDA  di Sumba Barat, Selasa 3 Juli 2018.
Tim  Studi Tugas  Kabupaten Lombok Utara terdiri dari 15 orang yaitu Bunda PAUD Lombok Utara Ny. Rohani yang juga adalah istri Bupati Lombok Utara  NTB, pejabat OPD Lombok Utara yaitu dari Dinas Pendidikan Dan Olah Raga, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan Dan Capil, Dinas PMD, Dinas P3A, Dinas KB, Dinas Sosial, Bappeda dan 6 orang unsur YSTC NTB.

 

Tim tiba di Kabupaten Sumba Barat pada hari Senin 2 Juli 2018, selanjutnya pada hari Selasa 3 Juli 2018 Tim bersilaturahim dengan Bunda PAUD HI Sumba Barat Ny.Dra.M.H.W.Monteiro-Dapawole bertempat di Rumah Jabatan Bupati Sumba Barat didampingi Wakil Bunda PAUD Ny.Yacoba Weru-Toni, Ketua Komisi C DPRD Sumba Barat Toda Lero Sairo,S.H.

Setelah silaturahim dengan jajaran Bunda PAUD HI Taman Pawodda,Tim bergegas menuju PAUD Sayangi Anak  dan Posyandu Kamboja Desa Doka Kaka Kecamatan Loli sebagai obyek kunjungan pertama.
Tim Studi Tugas PAUD HI Kabupaten Lombok Utara dipimpin oleh Bunda PAUD HI Lombok Utara Ny.Rohani didampingi Andy Wahyu Widayat, Field Manager YSTC NTB.

Tiba di PAUD Sayangi Anak Desa Doka Kaka,Tim diterima oleh Kepala Desa Doka Kaka Yoesef Lede,A.Md dan Camat Loli Semuel Lango Manupele, S.Sos dan jajaran Pemerintah Desa Doka Kaka, Secilia Soli Beko,S.Pd Kepala SDM Wee Kabete selaku Ketua PAUD HI Taman Pawodda Desa Doka Kaka, Kepala PUSTU Doka Kaka, tokoh masyarakat dan tokoh perempuan setempat.

Setelah kunjungan peninjauan di PAUD Sayangi Anak Desa Doka Kaka, kunjungan dilanjutkan di Posyandu Kamboja Desa Doka Kaka, tim berdiskusi dengan Bunda PAUD Sumba Barat, Ketua Komisi C DPRD Sumba Barat, Camat Loli, pimpinan OPD Lingkup Pemkab Sumba Barat.
Dalam diskusi, Bunda PAUD Sumba Barat yang didampingi Wakil Bunda PAUD Sumba Barat memaparkan sejarah singkat PAUD HI Taman Pawodda Sumba Barat.

Taman Pawodda adalah dialek lokal Kecamatan Loli Kabupaten Sumba Barat yang artinya "gotong royong/kerja sama" kata Ny.Dapawole.
Selanjutnya Ny.Dapawole menuturkan bahwa PAUD HI Taman Pawodda dibangun sejak tahun 2016 difasilitasi oleh Save The Children Field Sumba Barat melalui Yayasan Sayangi Tunas Cilik mitra Save The Children, serta mendapatkan dukungan dan pembiayaan Pemkab Sumba Barat untuk Tenaga Pendidik (Tendik)  PAUD HI Taman Pawodda dalam bentuk Honor, tutur Ny.Dapawole.
Selanjutnya atas pertanyaan salah satu anggota tim studi tugas PAUD HI Lombok Utara tentang bentuk real dukungan Pemerintah Kabupaten terhadap eksistensi PAUD HI, Raymond L.K.Dena,S.STP Kabid Pembangunan Manusia pada Bappeda Kabupaten Sumba Barat memaparkan bahwa Pemkab Sumba Barat menganggarkan Rp.3 Milyar setiap tahun.

Masih menurut Ny.Dapawole, Paud HI Taman Pawodda Kabupaten Sumba Barat telah eksis dan cukup membanggakan, salah satu bukti eksistensi PAUD HI Taman Pawodda Sumba Barat adalah pada tahun 2017 Bunda PAUD HI Taman Pawodda diundang sebagai pembicara pada forum pendidikan di Bangkok Thailand.

Pada kesempatan diskusi tersebut Kadispora Lombok Utara Dr.Fauzan mengapresiasi kondisi dan proses pembelajaran di PAUD di Sumba Barat, serta fasilitas pendukung PAUD, juga menyampaikan terimakasih atas atensi dan sambutan Bunda PAUD Sumba Barat, Pemerintah Kabupaten Sumba Barat melalui dukungan Pimpinan OPD, dukungan DPRD, Camat Loli dan Kepala Desa Doka Kaka dan masyarakat Sumba Barat umumnya.

Dr.Fauzan berharap berbagai hal yang berkembang dalam diskusi yang berlangsung dalam suasana keakraban akan terbangun tali silaturahim dan tali asih dan dapat terwujud dalam bentuk kerjasama yang saling menguntungkan antar organisasi dan antar Pemerintah Kabupaten Sumba Barat dan Kabupaten Lombok Utara, harap Fauzan.
Selanjutnya sebagai rangkaian kunjungan hari pertama di Sumba Barat Tim Studi Tugas Lombok Utara melakukan City Tour di Kampung Adat  Prai Ijing, yang terletak 3 KM arah  Timur Kota Waikabubak, selepas ISHOMA.

0 comments:

Post a Comment