Powered by Blogger.

Thursday, July 26, 2018

Tag:

Sekda Sumba Barat Buka Kegiatan Pembinaan Organisasi Pemuda

Waikabubak, 26 Juli 2018. Humaspro SB.
Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat, Drs. Umbu Dingu Dedi, M.Si membuka kegiatan pembinaan organisasi pemuda, Kamis (26/07/2018) di Aula Gedung Karya Siaga Waikabubak.
Pembinaan terhadap organisasi kepemudaan sangatlah tepat dan strategis demi meningkatkan kompetensi dasar, pemahaman dan kemampuan bagi para pemuda yang ada di Kabupaten Sumba Barat. Selain itu ada nilai edukasi bagi pemuda untuk mengembangkan nilai-nilai kepemimpinan yang menjadi pedoman bagi pemuda nantinya.
Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat Drs. Umbu Dingu Dedi, M.Si membacakan sambutan Bupati Sumba Barat pada saat membuka Kegiatan Pembinaan Organisasi Pemuda.
Organisasi kepemudaan adalah salah satu elemen penting organisasi kemasyarakatan yang harus dibina dan dikembangkan di masa sekarang dan yang akan datang. Peran dan posisi strategisnya tidak lepas dari jumlahnya yang besar dan tersebar di seluruh penjuru tanah air serta kontribusinya yang sentral bagi penyelenggaraan Negara.
Arah kebijakan pembinaan generasi muda dalam pembangunan nasional menggariskan bahwa pembinaan perlu dilakukan dengan mengembangkan suasana kepemudaan yang sehat dan tanggap terhadap pembangunan masa depan, sehingga akan meningkatkan pemuda yang berdaya guna dan berhasil guna.
“Dalam hubungan itu perlu dimantapkan fungsi dan peranan wadah-wadah kepemudaan seperti pramuka, karang taruna, organisasi siswa intra sekolah (OSIS), organisasi fungsional pemuda lainnya yang ada di tengah masyarakat.” Kata Sekda Umbu Dedi.
Sesuai dengan arah kebijakan seperti diatur dalam UU Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, pembinaan kepemudaan mencakup dan meliputi penyadaran kepemudaan, pemberdayaan pemuda, pengembangan kepemimpinan pemuda, pengembangan kewirausahaan pemuda, pengembangan kepeloporan pemuda, dan penyediaan sarana dan prasarana kepemudaan.
Menurut Bupati Sumba Barat dalam sambutan yang dibacakan Sekda Sumba Barat, mengatakan bahwa pemuda dan organisasi kepemudaan sebagai kader masa depan harus terus dibina dan diberdayakan mengingat usia muda itu harus terus dibina dan diberdayakan mengingat usia muda adalah merupakan masa yang produktif. Selain itu, pemuda diharapkan mempunyai karakter dan semangat sehingga mempunyai visi dan misi dalam menjalankan organisasi yang diikutinya dan mampu berkontribusi didalam pembangunan Negara dan daerah.
“Jika ingin daerah kita ini menjadi lebih baik, maka perbaikan itu yang utama ada ditangan pemuda, perbaikan itu akan tegak dari tangan pemuda dan dari pemuda. Pemuda mempunyai banyak potensi, tetapi jika tidak dilakukan pembinaan, yang terjadi adalah sebaliknya” ungkapnya.
Lebih lanjut dikatakan, diperlukannya peran aktif pemuda-pemudi di Kabupaten Sumba Barat untuk tampil dan berkiprah memberikan kontribusi didalam pembangunan khususnya di Kabupaten Sumba Barat.
Pemerintah Kabupaten Sumba Barat tentunya akan terus memberikan dukungan terhadap program dan kegiatan yang dilakukan oleh organisasi kepemudaan sehingga diharapkan pemuda-pemudi dapat terus bersinergi di dalam membangun Sumba Barat dan disiapkan untuk menjadi agen-agen perubahan yang akan membawa kemajuan di Kabupaten Sumba Barat.
Mengakhiri Sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat, Drs. Umbu Dingu Dedi, M.Si berpesan agar kegiatan yang diadakan ini jangan hanya bersifat seremonial saja.
“Jangan karena sudah diagendakan, kegiatan ini hanya sekedar dilaksanakan sekedarnya atau Cuma seremonial semata, saya harap kegiatan ini harus betul-betul dibuat sebaik mungkin” pesan Sekda Umbu Dingu mengakhiri sambutannya dan membuka dengan resmi kegiatan pembinaan organisasi pemuda.

0 comments:

Post a Comment